Blog Mr. Dhon
this site the web

Ekstensi File GNU/Linux

GNU/Linux dapat membaca ekstensi file dari sistem operasi lain seperti *.jpg untuk file gambar, *.html untuk file web, *.doc untuk word processor Microsoft Windows, dll. Ekstensi File yang digunakan debian GNU/Linux:
  1. .bz2 File kompresi dengan menggunakan kompresi bzip2.
  2. .gz File kompresi dengan menggunakan kompresi gzip.
  3. .c File yang ditulis dalam bahasa C.
  4. .conf File konfigurasi GNU/Linux.
  5. .deb Paket instalasi debian GNU/Linux.
  6. .lock File yang terkunci demi untuk menghindari pemakaian oleh file  lain.
  7. .so Objek share (pustaka atau modul).
  8. .src File source code. Yang ditulis dalam plain text, file tersebut harus dikompilasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
  9. .tar File yang berisi bundelan/kumpulan file lain yang dijadikan satu.
  10. .tar.gz File bundelan yang terkompresi dalam format .gz.
Pada GNU/Linux, terdapat beberapa tipe fileseperti executable file, system data file, dan user data file.  Beberapa perbedaan yang ada antara lain:
Executable file: file-fileini berisi instruksi program untuk dijalankan oleh sistem. Program dan script merupakan executable file.
System data file: file-file ini berisi informasi yang digunakan oleh program atau script. Biasanya digunakan olehadministrator dan para programmer untuk menjalankan program secara berlainan.
User data file: file-file ini berisi teks dan data yang dibuat oleh user.
Secara defaultGNU/Linux dapat mengenali secara otomatis seluruh tipe file sehingga anda tidak perlu lagi bersusah payah dengan tipe filenya.

0 komentar:

 

Sekapur Sirih

Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih.

Usage Policies