Blog Mr. Dhon
this site the web

Sejarah Komputer

Komputer berasal dari bahasa Latin “Computare” yang berarti menghitung (to compute), karena pada awalnya komputer pertama yang dirancang digunakan untuk keperluan perhitungan, inspirasinya diambil dari alat hitung tertua yaitu “Abacus” (300 SM) atau lebih dikenal dengan Sipoa yang berasal dari Negeri Cina.
Konsep komputer yang pertama kali dirancang oleh HOWARD G. AITKEN seorang Dokter dari Universitas HAVRAD (1937), bekerja sama dengan IBM (International Business Machine Corp.) berhasil membuat sebuah mesin yang bekerja dengan tenaga elektromekanik yang diberi nama Havard Mark-1. Komputer generasi pertama ini berat totalnya 5 ton degan kemampuan membuat kalkulasi angka 23 digit selama 6 detik.

ENIAC tahun 1942 (dengan sistem binary digit 8 bit dan memory) pernah diakui sebagai komputer pertama. Belakangan diketahui juga bahwa sebelumnya pada tahun 1941 Konrad Zuse dari Jerman sudah membuat mesin yang dapat diprogram dan bekerja dengan sistem biner. Namun karena Jerman, kala itu terisolasi saat perang dunia keII, maka ENIAC tetap diakui sebagai komputer pertama yang memakai prinsip digital dengan sistem memory danbinery digit (8 bit).
Altair 8800 merupakan komputer pribadi pertama yang dikembangkan oleh Ed Roberts, diluncurkan melalui majalah Popular Electronics pada bulan Januari 1975. Altair 8800 sebetulnya lebih merupakan sebuah kit yang dirakit menjadi “komputer”. Pada saat itu yang namanya komputer adalah mainframe yang ukurannya raksasa dan harganya jutaan dollar sehingga kit buatan MITS (Microinstrumentation & Telemetry Systems, Albuquerque, New Mexico USA) yang dijual seharga sekitar US$400 mendapat penggemar yang cukup banyak.
Padahal “komputer” iti tidak memiliki keyboard, screen, ataupun printer. Yang ada kala itu adalah switch yang dapat digunakan untuk memasukan bilangan biner dan LED yang menyala untuk menunjukan outputnya. Kit Altair 8800 ini kemudian menjadi lebih populer ketika William Gates (Bill Gates yang dilahirkan Seattle tanggal 28 Oktober 1955) mengembangkan bahasa BASIC untuk komputer Altair ini. Banyak orang awalnya menyangsikan bahwa bahasa BASIC tidak akan mampu dimasukan ke dalam komputer ini. Namun ternayat Bill Gates membuktikan bahwa itu bisa, setelah penciptaan monitor dan keyboard tentunya. Bill Gates adalah “Chairman” dan “Chief Executive Officer (CEO)” dari Microsoft Corporation, yang didirikan di tahun 1975. Microsoft membuat Bill Gates menjadi salah seorang terkaya didunia.

0 komentar:

 

Sekapur Sirih

Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih.

Usage Policies