Blog Mr. Dhon
this site the web

Awal Mula Visual Basic

Sebelum Visual Basic diperkenakan, para pengembang program masih menggunakan bahasa pemrograman C++. Steve Jobs selaku pimpinan perusahan Apple melihat adanya kesempatan untuk mengkomersilkan Mac (sistem operasi dari Apple) dengan perangkat lunak dalam satu paket yang terintegrasi. Pada tahun 1982 Apple mulai menjalin kerjasama dengan Bill Gates dari Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi dan perangkat lunak dalam satu paket komputer.
Apple kemudian memperkenalkan 2 produk komputernya yang sangat terkenal yaitu, Macintosh dan Lisa. Program pertama yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Apple adalah Word dan Excel, dan kemudian diikuti oleh program-program lainnya. Ternyata konsep paket sistem operasi dan perangkat lunak ini sukses dipasarkan.
Pada tahun 1984, setelah Macintosh diperkenalkan, Bill Gates melihat bahwa program yang dikembangkan Microsoft sangat dibutuhkan oleh Macintosh. Oleh karena itu ia memutuskan untuk tidak meneruskan pengembangan program untuk Macintosh jika Stave Jobs dan Apple tidak membayar lisensi ini akhirnya menjadi permasalahan yang serius antara kedua perusahaan itu dan harus diselesaikan mealui jalur hukum sampai beberapa tahun kemudian.


Walaupun permasalahan lisensi antara kedua perusahaan tersebut belum terselesaikan, saat itu Apple memustuskan untuk mengembangkan bahasa pemrograman sendiri, yaitu bahasa Basic yang diberi nama MacBasic. Bahasa pemrograman ini dibuat karena terinspirasi oleh konsep kerja Nicholas Wirth (Pengembang bahasa Pascal), yaitu Object Pascal.
Pelopor sistem operasi Mac membuat konsep kerja untuk bahasa pemrograman berorientasi objek yang diberi nama Clascal. Konsep ini lebih dikenal dengan nama MacApp Framework (sudah ada 10 tahun sebelum Microsoft Net Framework dikembangkan). Konsep ini menjadi sangat terkenal dalam sistem operasi Mac karena menawarkan konsep pemrograman berorientasi objek dengan tampilan visual yang sangat indah.


Ternyata Microsoft juga mengembangkan bahasa Basic dalam produk MS DOS (lihat dalam pembahasan selanjutnya). Ini merupakan tantangan bagi MacBasic dan ternyata kemudian kemudian sukses. Microsoft akhirnya memutuskan untuk menjalankan  strategi lain dengan menarik semua program yang dikembangkan untuk Mac jika MacBasic terus dikembangkan. Beberapa tahun kemudian proyek MacBasic dihentikan.


Salah seorang pengembang program dari Apple yang sudah senior dan sangat terkenal, Bill Atkinson, melihat adanya gangguan dalam pengembangan Basic oleh karena adanya pertikaian antara Apple dan Microsoft. Dia memutuskan untuk mencari jalan keluar sendiri. Berbulan-bulan lamanya dia bekerja untuk membuat bahasa pemrograman sendiri yang diberi nama Hypercard. Yaitu bahasa visual dan berorientasi objek, mudah dipelajari, dan mempunyai banyak elemen visual. Dia mengajak seprofesinya dari Apple yaitu Dan Winker, untuk membuat skrip sendiri yaitu HyperTalk.


Sayangnya bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Atkinson dan Winker ditanggapi setengah hati oleh Apple yang kemudian memasarkan produk itu tanpa melihat kerja keras dan manfaat yang besar dari Hypercard. Padahal bahasa ini dapat digunakan oleh Apple untuk membuat berbagai program yang mendukung istem operasi yang dapat dikembangkan tanpa harus tergantung pada Microsoft.


Bahasa pemrograman Hypercard menggunakan Hypertext yang menjadi konsep utama dari World Wide Web (WWW) dan HTML (format dasar dari Web, Hyper Text Markup Language). Bahkan dengan bahasa pemrograman ini Apple berhasil membuat program QuickTime Media Player yang sangat terkenal itu.
Walaupun tidak mendapatkan perhatian serius dari Apple, namun Microsoft melihat bahasa pemrograman Hypercard memiliki peluang yang sangat besar. Microsoft mengambil beberapa konsep penting dari Macintsosh dan membawanya kedalam Personal Computer (PC) sebagai bahan inovasi baru yang patut untuk dikembangkan. Hal ini sudah dijalankan oleh Microsoft sejak Windows 1.0 dirilis.


Ketika Windows 3.0 diciptakan oleh Microsoft, sistem operasi itu belumlah sempurna. Windows itu masih membutuhkan sesuatu untuk melengkapi konsep Hypercardnya, misalnya konsep animasi dalam program dan konsep multimedia. Oleh karena itu Microsoft kemudian membuat bahasa pemrograman Visual basic. Semua fungsi yang ada dalam Visual Basic sama dengan MacBasic dengan ditambah keunggulan elemen Visual yang diambil dari Hypercard. Dengan kata lain Visual Basic = MacBasic + Hypercard.


Inilah yang menjadi inovasi besar Microsoft dalam dunia pemrograman waktu itu. Bahkan banyak orang yang beranggapan bawa Apple adalah R&D (Research and Development) nya Microsoft, karena konsep yang diciptakan oleh apple jua menjadi inovasi teknologi Microsoft.

0 komentar:

 

Sekapur Sirih

Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih.

Usage Policies